Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on Facebook

Anand Math – Kebahagian Sejati di Pangkuan Ibu Pertiwi
By Candra Bankim Catterji.

428080_504625762944578_1691772902_nCerminan bangkitnya kesadaran manusia menuju nilai-nilai yang lebih luhur yang merupakan warisan keilahiannya muncul di sana-sini pada banyak peradaban dan sepanjang perjalanan umat manusia menemukan kesejatian di dalam hidup. Salah satu cerminan kebangkitan kesadaran tersebut muncul dalam perjuangan bangsa India melawan penjajahan Inggris yang digambarkan dalam novel Anand Math ini.

Bankim Chandra Chatterji yang terkenal yang terkenal sebagai Raja dari kesusastraan Bengal ini dengan indah menggambarkan tidak hanya heroisme pertempuran para pejuang dari “Anak-Anak Bunda India” melawan tentara Inggris, tetapi juga dinamika batin para tokoh di dalamnya dalam mengenali diri mereka sendiri. Novel ini adalah tentang pergulatan anak manusia mengenai konflik, kelemahan, kekuatan serta potensi yang ada di dalam diri sendiri, serta bagaimana memproyeksikan nilai-nilai yang tengah mereka internalisasikan di dalam batin melalui praktik aktivisme spiritual ke dalam perjuangan melawan penjajahan, ketidakadilan, dan kezaliman.

“Novel ini merupakan sebuah legenda tentang perjuangan untuk kebebasan. Para suci dalam novel Bankim Chandra ini merupakan tokoh-tokoh yang luar biasa. ”
(Rabindranath Tagore)

“Anand Math adalah sebuah manifesto bagi gerakan spiritual masa kini dan masa mendatang. Tidak sekadar mempertahankan nilai-nilai spiritual di tengah kegaduhan hidup, tetapi mengembangkan menjadi kekuatan hidup itu sendiri, inilah pesan Anand Math.”
(Swami Satya Anand)